Jumat, 04 April 2008

QFD

QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) HOUSE OF QUALITY
(Studi Kasus dalam Pemilihan Telepon Selular)


Metode Quality Function Deployment (QFD) merupakan sebuah metode/perangkat yang sangat handal dan teruji dalam meningkatkan kualitas dalam proses perencanaan, pengembangan atau peningkatan kualitas sebuah produk atau jasa. Dengan terciptanya komunikasi antara pengguna (voice of customer) dan pembuat (voice of engineer) sebuah produk akan terhindar dari kemungkinan ‘market misses’ ketika dipasarkan.

Pada proses penerapannya, QFD mempunyai Langkah-langkah yang harus diperhatikan serta pengawasan yang cukup. Langkahnya sebagai berikut :
  1. QFD diawali dengan identifikasi keinginan/kebutuhan pengguna, serta penilaian ‘benchmarking’ pengguna pada kompetitor produk sejenis sehingga target perbaikan dapat diciptakan dengan terarah,
  2. Dilanjutkan dengan identifikasi karakteristik teknik/mekanisme dari produk/jasa yang ditawarkan,
  3. Kemudian menentukan korelasi antara keinginan pengguna dengan karakteristik teknik/mekanisme produk/jasa yang ditawarkan,
  4. Sampai pada identifikasi prioritas perbaikan pada mekanisme atau parameter teknik. Aplikasi QFD pada proses pengembangan produk/jasa yang menganut sistem Concurrent Engineering dan Total Quality Management dimana telah terbukti dapat meningkatkan kualitas produk/jasa, memperpendek waktu pengembangan, penghematan biaya pengembangan yang signifikan.

Matriks House Of Quality adalah bentuk yang paling dikenal dari QFD

Keuntungan yang paling utama dalam penggunaan QFD yaitu :
  • Memperjelas area dimana tim pengembangan produk perlu untuk memenuhi informasi dalam mendefenisikan produk atau jasa yang akan memenuhi kebutuhan konsumen.
  • Mempunyai bentuk yang jelas dan teratur serta kemampuan untuk penelusuran kembali pada kebutuhan konsumen dari seluruh data atau informasi yang tim produk butuhkan untuk membuat keputusan yang tepat dalam hal defenisi, desain, produksi dan penyediaan produk.
  • Menyediakan forum untuk analisa masalah yang timbul dari data yang tersedia mengenai kepuasan konsumen dan kemampuan kompetisi produk atau jasa.
  • Menyimpan perencanaan untuk produk sebagai hasil keputusan bersama.
  • Dapat digunakan untuk mengkomunikasikan rencana terhadap produk untuk mendukung manajemen dari pihak lainnya yang bertanggung jawab terhadap implementasi dari rencana tersebut.

Aplikasi QFD berdasarkan keinginan customer dalam memilih Telepon Selular sebagai alat komunikasi
Keinginan customer dalam memilih telepon selular sebagai tempat alat komunikasi diantaranya adalah :
  • Design yang bervariasi ( Variatif Design )
  • Daya tahan kemasan (Durable Casing )
  • Harga yang terjangkau dengan koalitas terbaik ( Achievable Price )
  • Daya tahan baterĂ­a ( Durable Batere )
  • Fasilitas fitur yang lengkap sesuai dengan kemajuan teknologi ( Variable Fiture )
Adapun upaya – upaya yang dapat dilakukan perusahaan dalam memenuhi keinginan dari customer diantaranya adalah :
  • Menggunakan bahan baku yang efisien, dengan kualitas bermutu (Efficiency Raw Material)
  • Selalu mengikuti perkembangan teknologi ( Technology Up to Date )
  • Produk yang dijual memiliki kualitas terbaik ( High Quality )
  • Menciptakan produk yang mampu bersaing di pasar sehingga perusahaan memiliki kemampuan menggaet pasar ( Product Competition )
  • Selalu melakukan inovasi terhadap produk yang dijual dengan mengikuti perkembangan teknologi dan keinginan konsumen ( Product Inovation )
  • Memberikan kebijakan harga yang elastis sesuai dengan faktor-faktor yang mempengaruhi konsistensi harga di pasar ( Price Elasticity )

Dari criteria yang ada baik dari segi voice of customer dan voice of engineer maka dapat dijabarkan dan diaplikasikan dalam penyusunan matrik House of Quality untuk mengetahui hubungan yang terjadi.


Kesimpulan yang dapat ditarik dari studi kasus mengenai pemilihan telepon selular diatas, yaitu perusahaan selalu memberikan yang terbaik untuk pelanggan. Dengan berusaha menciptakan produk yang inovatif mengikuti kemajuan teknologi dimana harga yang ditawarkan relative terjangkau ditunjang dengan perusahaan pesaing yang selalu up to date dari segi produksi. Sehingga kontribusi pelanggan terhadap kemajuan perusahaan besar. Demikianpun dari segi persaingan antar perusahaan, menimbulkan persiangan yang sangat tinggi.

Tidak ada komentar: