Jumat, 04 April 2008

Jawaban Ujian Sisipan ERP

UJIAN SISIPAN

Enterprise and Resource Planning

Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas

Mata Kuliah Operations & Supply Chain Management

Dosen : Bpk. Didit Damur Rochman, S.T., M.T.

Disusun Oleh :

OLIVIA HUSAY

1.413.016

Angkatan XIV

1. Pada tabel 1, diperlukan sistem ERP yang fleksibel dan adaptif terhadap perubahan, pada tingkatan proses dan kemampuan teknik manakah yang diperlukan dalam melakukan implementasi ERP pada organisasi?

Dari tabel 1, tingkatan proses dan kemampuan teknis yang diperlukan dalam melakukan implementasi ERP pada organisasi adalah :

· ERP’s contribution to business vision and strategy

· Alignment of business and technology strategy

· Flexibility and adaptibility of ERP solution to changing conditions

· Flexibility and scability of IT architecture

· Integration of business information and processes

· Identification of the various components and magnitude of the project’s risk

· Impact of ERP on the decision making process

· Impact of ERP on cooperative business network

2. Pada paper disebutkan bahwa ERP dikembangkan untuk pasar bukan konsumen (organisasi / perusahaan), bagaimana dengan pilihan kustomisasi sesuai dengan kebutuhan konsumen?

Dalam implementasi ERP, kustomisasi yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen tidak bisa dihindari tetapi tidak direkomendasikan pada pengimplementasiannya, karena :

- Customisation is costly

- Time consuming

- Difficult and usually requires experienced external consultant

3. Gunakan tabel 2 dan lakukan analisis jika akan melakukan implementasi ERP pada organisasi!

Berdasarkan dari tabel 2, implementasi ERP dapat berdampak pada :

- Transaction cost, dimana akan terjadi penurunan yang cukup signifikan sehingga menjadi lebih efektif dan efisien.

“Cost and benefits even when they are identified, are not easily quantifiable as has been already recognised to be generally the case with IT investment (Powell,1992).

- Time to complete transactions, dengan adanya pengimplementasian ERP maka proses transaksi menjadi lebih cepat dengan menggunakan data real time.

- Degree of business process integration, dengan implementasi ERP bisnis proses akan lebih terintegrasi dengan baik.

- Intra and inter-organizational information sharing, dampak dari implementasi ERP adanya koordinasi serta penyebaran informasi yang lebih baik antar departemen dalam organisasi.

- Business network, dengan adanya pengimplementasian ERP maka jaringan bisnis akan menjadi lebih luas dan lebih mudah termonitor dengan baik.

- Reporting, pengaruh dari implementasi ERP dengan menggunakan data real time, pola kontrol dan monitoring oleh unsur manajemen akan menjadi lebih akurat dan dapat memberikan keputusan serta kebijakan yang tepat bagi perusahaan.

- Customer satisfaction, orientasi dari implementasi ERP adalah harus mengutamakan kepuasan konsumen, karena customer satisfaction merupakan salah satu intangible benefits yang diperoleh dari hasil pengimplementasian ERP serta tujuan dari penerapan system ini adalah membuat perusahaan lebih fleksible dan merespon terhadap keinginan atau kebutuhan customer.

Dari implementasi ERP, akan menimbulkan beberapa estimasi cost yang diakibatkan oleh :

- User resistance, dikarenakan implementasi ERP merupakan sesuatu yang baru, maka diperlukan adanya biaya untuk melakukan sosialisasi atas penerapan ERP kepada karyawan sebagai pelaksana.

- Personnel Training, perlu adanya biaya yang dikeluarkan untuk memberikan pelatihan bagi para karyawan sebagai pelaksana sehingga karyawan lebih kompeten.

- External consultant, perlu adanya konsultan ahli yang mendampingi dalam upaya melakukan proses alih system sehingga semua bisa berjalan sesuai dengan harapan.

- Additional applications, implementasi ERP ini akan mengakibatkan terjadinya penambahan aplikasi dalam system yang baru sehingga diperlukan biaya untuk proses penambahan aplikasi tersebut.

- System downtime, dengan implementasi ERP maka analisis system akan menjadi lebih cepat dan akurat.

4. Jelaskan secara singkat akan perbedaan dari proof of concept dan key requirements pada pemilihan dan implementasi ERP?

Perbedaan antara proof of concept dengan key requirements adalah :

- Proof of concept ini adalah penyimpangan yang terjadi pada keadaan yang sebenarnya dikarenakan adanya batasan – batasan tertentu yang ada pada saat proses implementasi.

- Key requirement ini adalah standar – standar yang harus dipenuhi untuk dalam pemilihan dan implementasi ERP.

5. Jelaskan posisi opensource ERP jika dibandingkan dengan packaged ERP (SAP, Oracle, Microsoft) jika digunakan pada organisasi !

Posisi opensource ERP lebih accessable sehingga dapat digunakan oleh umum dan biasanya digunakan pada organisasi yang relative kecil.

Saat ini ada banyak opensource ERP diantaranya :

1. Compiere ERP & CRM

Compiere adalah salah satu piranti lunak Enterprise Resource Planning (ERP) berbasiskan Open Source yang dapat diimplementasikan pada perusahaan, terutama perusahaan distribusi. Selain itu, compiere opensource ERP yang pertama dan paling besar komunitasnya, menggunakan database oracle dan Sybase, dapat berjalan di platform linux atau unix maupun windows. Compiere menerapkan konsep baru ERP sehingga sedikit perlu waktu untuk adaptasi, terutama bagi yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi ERP standard. Compiere bias diakses secara remote maupun web. Meskipun cukup rumit pada awalnya, namun karena komunitasnya cukup besar sehingga dukungan dari komunitas cukup kuat. Secara umum fiturenya cukup lengkap, hanya saja untuk CRM dan Manufacturing masih sangat terbatas.

2. Adempiere

Merupakan turunan dari Compiere yang dikembangkan oleh komunitas, hal ini muncul karena compiere dipandang kurang mengakomodir keinginan komunitas. Menggunakan database postgreSQL maupun Oracle. Karena baru saja “berpisah” dengan Compiere, maka fiturnya masih sangat mirip dengan compiere.

3. Openbravo

Merupakan turunan dari Compiere juga, akan tetapi full web base, sehingga sangat cocok untuk perusahaan yang mempunyai banyak sabang yang berlainan kota/Negara, karena mereka semua dapat mengakses system secara web base. Menggunakan database postgreSQL atau Oracle. Dapat berjalan diplatform Linux maupun windows. Satu kekurangan yaitu openbravo meniadakan modul CRM, karena meskipun CRM di compiere cukup sederhana, namun fiture ini sangat bermanfaat.

4. Tiny ERP

Merupakan ERP yang simple dan mudah dipelajari, menggunakan database postgreSQL. Dapat berjalan diplatform Linux Maupun Windows. Modulnya cukup standard sehingga untuk yang sudah biasa menggunakan aplikasi ERP lain akan dapat dengan mudah beradaptasi. Kelemahan tinyERP adalah mungkin komunitasnya masih kecil, sehingga kalau ada masalah susah untuk mencari dukungan.

Sedangkan dari segi package ERP ada beberapa yang perlu kita ketahui, yaitu packaged ERP digunakan pada organisasi yang lebih besar, complicated dan memerlukan proses yang panjang. Selain itu, kita harus mengetahui kelebihan dan kekurangan dari setiap package (SAP, Oracle & Microsoft).

1. System Aplications and Products (SAP)

SAP is the recognized leader in providing collaborative business solutions for all types of industries and for every major market. SAP mempunyai leverage pengalaman yang luas untuk cakupan sebuah solusi yang menyeluruh dalam penguasaan tiap-tiap aspek atau pengarah operasi bisnis. Dengan penggunaan Solusi SAP, organisasi dari semua ukuran termasuk bisnis kecil dan midsize dapat memperoleh manfaat :

1. Mengurangi biaya-biaya

2. Meningkatkan capaian

3. dan mempunyai kecermatan dalam melakukan perubahan kebutuhan bisnis

Salah satu contoh pengimplementasian SAP, yaitu Semenjak sukses Astra International mengimplementasikan SAP di periode 90-an, perkembangan ERP package di Indonesia tumbuh dengan pesat seiring dengan perkembangan platform dan hardware yang lebih baik. Umumnya pasar didominasi dengan package SAP-OracleDB-Unix yang memang punya pengalaman besar di manufacturing process yang merupakan cikal bakal SAP itu sendiri.

2. Microsoft

Microsoft Dynamics AX is an all-in-one solution that can scale as your company grows. You can use the functions you need now. And unlock additional capabilities as your needs change and multiply. With the MorphX development environment for Microsoft Dynamics AX, developers can design, edit, and compile within a single screen—and have changes appear within minutes.

3. Oracle

Only Oracle Offers Significant Benefits

Leverage

Gain

Accomplish

  • Highly scalable global shared services
  • Flexible Ledger Architecture
  • Best practice ERP and industry solutions

The Most Scalable and Adaptable Financial Processes

  • Reduce costs by automating, centralizing, and standardizing global transactional processes - often through shared services
  • Comprehensive GRC applications
  • Best-in-class GRC infrastructure
  • Integrated business insight

The Most Complete Governance, Risk and Compliance Solution

  • Manage enterprise risk and reduce compliance costs with end-to-end processes for governance, risk, and compliance
  • Consistent financial and operational information
  • Dynamic planning, budgeting and forecasting
  • Multi-dimensional profitability analysis

The Most Integrated Performance Management

  • Make the right investments in the business with integrated performance management and business intelligence

Adapun beberapa alasan pemilihan package, yaitu :

1. Pricing,
Tetep. Indonesia kan. Kebanyakan bukan karena alasan technical, karena pricing yang mereka (vendor) kasih bagus, padahal di early implementation siapa yang bisa jamin pake X lebih bagus dari pake Y.

2. Global recommendation
Pemain di Indonesia ini umumnya mendapatkan instruksi dari global, dimana holding company punya instruksi untuk memakai aplikasi ERP tertentu. Misalnya Coca Cola Indonesia aplikasi ERP nya mesti ngikut global punya, atau sebaiknya sama biar ada apa-apa gampang.

3. Ketersediaan tenaga kerja
Seperti biasa trend teknologi di Indonesia, diikuti dengan lompatan-lompatan para ‘kuli-kulinya’, akibatnya Vendor ga terlalu pusing, yang lagi trend disini seperti apa itu yang bakal laku dijual.

Dari hasil penjabaran diatas posisi Opensource bila dibandingkan dengan Package ERP yaitu, tergantung kepada kebutuhan dari pihak pengguna itu sendiri. Adapun beberapa rekomendasi diatas yang menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangan dari masing-masing baik opensource atau dari segi package ERPnya.

6. Wallmart menggunakan SAP financial, menurut CIO Rollin “We believe SAP’s experience in helping global companies with their financial systems will bring more flexibility and scalability o our growing business”. Apakah hanya dengan pengalaman dari vendor cukup untuk menjadi alasan implementasi, jelaskan dengan singkat akan hubungannya dengan internal proses Walmart dan SAP sebagai vendor !

Tidak. Pengalaman dari sebuah vendor tidak cukup untuk menjadi alasan kemudahan dalam mengimplementasikan penggunaan SAP financial. Internal proses Walmart dapat mempengaruhi dalam pengimplementasian SAP perusahaan karena sebuah SAP perusahaan menunjukan integrasi proses bisnis dalam sebuah perusahaan.

An SAP press release said that Wal-Mart had purchased ERP Financials to "support the retailer's global expansion and its need to efficiently respond to changes in the business and regulatory landscape."

Though financial details weren't divulged, SAP said that Wal-Mart plans to roll out the package globally in phases, with the first phase expected to be completed in 2010. "This solution will replace some legacy systems while integrating with other internal Wal-Mart systems," the statement said.

Wal-Mart CIO Rollin Ford added, "We believe SAP's experience in helping global companies with their financial systems will bring more flexibility and scalability to our growing business."

Retail industry analysts say Wal-Mart has lost its technology edge, in part because it has relied heavily on homegrown systems. Buying packaged software applications is one way in which the $349 billion retailer can regain its IT dominance and fend off competition. The company recently purchased price optimization software from Oracle as well as HP's Neoview business intelligence tools.

Paula Rosenblum, an analyst and managing partner with Retail System Research, says the SAP deal is a "good move" for Wal-Mart because SAP Financials can easily handle all of Wal-Mart's financial needs, and the software shouldn't be too big a deal to integrate with its existing systems. "SAP is of the right scale and scope [for] what it is Wal-Mart is doing," she says. "It makes a lot of sense."

In a report earlier this year, Rosenblum applauded Wal-Mart's recent forays into buying packaged software. "Wal-Mart is getting creative," Rosenblum wrote. "We're not naive enough to think that implementing a particular technology is the key to success," she added, but using technologies that Wal-Mart didn't invent "and driving profits through brains along with brawn is a clear indicator that Wal-Mart is finding its own way to success in the Post-Wal-Mart world."

The market research company IDC (a sister company to CIO.com's publisher), reported recently that SAP is among the vendors with a large enough customer base to influence "the next generation of business applications."

7. Gunakan hasil dari tugas analisis proses bisnis (pada perkuliahan) dan jelaskan :

a. Workflow

b. Business Rules

c. Aliran informasi dan kebutuhan integrasi sistem informasi


Tidak ada komentar: